Minitrans Pengganti Metromini Punya Fasilitas Ekslusif

Fedrick Wahyu - Selasa, 12 Desember 2017 | 10:18 WIB

Penampakan bus Minitrans (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta) sudah mulai mengoperasikan bus Minitrans. Bus ini adalah bagian dari layanan Transjakarta namun digolongkan bus kota non-busway.

Minitrans hadir di Jakarta sebagai peremajaan armada bus kota yang sudah tidak layak untuk beroperasi, seperti metromini.

Tidak jauh berbeda dengan metromini, Minitrans juga didominasi warna oranye. Minitrans sendiri menggunakan mesin dan sasis Mitsubishi Colt Diesel FE84G Bus Chassis.

Bus ini mampu mengangkut sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 17 penumpang duduk dan 13 penumpang berdiri. Tak lupa, juga disediakan kursi prioritas untuk penyandang disabilitas, wanita hamil, lansia, ataupun wanita yang membawa anak.

(BACA JUGA: SUV Pertama Maserati Rilis di Indonesia)

Seluruh tempat duduk menghadap ke depan. Sedangkan penumpang berdiri diberi handgrip pada atap untuk berpegangan.

Minitrans juga sudah dilengkapi dengan penyejuk udara atau Air Conditioner. Di dalam bus juga sudah terpasang lima kamera CCTV untuk memantau setiap area di dalam dan di luar bus.

Minitrans memiliki tiga buah pintu, terdiri atas satu pintu berlantai tinggi di sebelah kanan dan dua pintu penumpang berlantai rendah di sebelah kiri bus.