Ambisi Suzuki untuk Pasar Indonesia Sangat Besar

Donny Apriliananda - Jumat, 3 November 2017 | 11:05 WIB

Suzuki Ignis (Donny Apriliananda - )

Otomania.com - Suzuki Motor Corporation (SMC) punya angan-angan besar, menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar ketiga di dunia setelah India dan Jepang.

Saat ini, Indonesia tengah bersaing dengan Thailand merebut posisi ketiga terbesar di dunia.

“Pendapat pribadi saya, Indonesia akan unggul dari Thailand. Potensinya lebih besar buat Suzuki, sedangkan di Thailand mayoritas pasarnya pikap,” kata Shatosi Shimizu, GM Indonesia and Thai Automobile Department di Jepang (18/10/2017).

Data SMC, penjualan ritel periode paruh pertama tahun fiskal 2017 (April-September) tercatat 54.542 unit, naik 29 persen dari periode sama tahun sebelumnya, 42.235 unit.

Shimizu mengatakan, sepanjang tahun fiskal 2016, penjualan Suzuki di Indonesia berksiar 80.000 unit. “Tahun ini ditargetkan naik sampai 120.000 unit. Kami optimistis,” ucanya.

Demi target tersebut, Shimizu berjanji kalau Suzuki bakal memberondong pasar Indonesia dengan model-model baru. Setelah Ignis, Baleno hatchback, Jimny, akhir tahun akan ada model baru lain yang dipasarkan.

Disinyalir, model itu adalah SX4 S-Cross facelift, dan Shimizu tidak menampik, tetapi memilih diam.

“Salah satu kelemahan Suzuki di Indonesia itu minim model baru. Ke depan saya berjanji akan memboyong model-model baru,” kata Shimizu.