Ranger Jadi "Lokomotif" Ford Saat Kembali ke Indonesia

Donny Apriliananda - Rabu, 11 Oktober 2017 | 07:45 WIB

All New Ford Ranger (Donny Apriliananda - )

Otomania.com - Grup RMA yang menangani layanan purna jual mobil-mobil Ford di Indonesia siap mengembangkan sayap, mulai melakukan aktivitas penjualan tahun depan. Model apa yang bakal jadi tulang punggung?

Yanto Mardianto, Senior Manager Marketing & Sales RMA Indonesia mengatakan, model yang bakal dihadirkan tidak akan jauh dari yang sudah eksis di dalam negeri. Namun, dirinya menyebut fokus utamanya pada Ford Ranger.

“Model tersebut tentunya sudah familiar di mata konsumen Indonesia dan loyalis yang ada di sini. Di awal akan dicemplungkan Ranger, baru kemudian model yang lainnya,” ujar Mardianto dikutip KompasOtomotif, Selasa (10/10/2017).

Mardianto menyatakan juga kalau mereka akan menyasar segmen bisnis pertambangan yang dianggap sedang menanjak lagi. Lagipula, penjualan fleet atau pasar komersial dianggap lebih mudah dibanding dengan retail saat ini.

“Selain itu, kami juga mengikuti jejak FMI yang di awal kemunculannya menjual Ranger dan menyasar segmen fleet,” ujar Mardianto.

Lalu, model selanjutnya yang juga akan dihadirkan adalah Ecosport dan Fiesta. Namun, Mardianto mengakui, tidak menutup kemungkinan yang masuk pertama untuk dijual, bisa jadi juga bukan Ranger tapi dua kendaraan penumpang ini.

“Tergantung proses homologasinya, kalau yang lolos terlebih dahulu Fiesta dna Ecosport, maka mereka dahulu yang akan dipasarkan ke sini,” ujar Mardianto.

Selain ketiga model tersebut, sesuai data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) produk yang dipasarkan ada Ford Focus, Escape dan Everest. Mana yang akan lebih eksis?