Motor Bekas Versi Karburator Masih Diminati

Setyo Adi Nugroho - Senin, 18 September 2017 | 09:25 WIB

Karburator tanpa filter udara (Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania.com - Mesin sepeda motor jadi salah satu penilaian untuk memilih produk roda dua. Selain ukuran mesin, teknologi juga menjadi perhatian calon konsumen.

Salah satunya fenomena di pasar motor bekas. Meski saat ini beragam teknologi sudah ditawarkan, calon konsumen masih menginginkan produk dengan teknologi lama.

"Memang pilihan, tapi kalau diperhatikan masih banyak yang menanyakan sepeda motor dengan karburator. Padahal saat ini banyak yang sudah pakai injeksi," ucap Hendrik dari B2Y Motor, Rawa Belong, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Beberapa alasan yang diberikan adalah mudahnya mesin karburator untuk dibawa ke bengkel atau dimodifikasi. Memang secara umur, teknologi injeksi di sepeda motor masih terbilang muda sehingga banyak konsumen yang merasa belum memahami teknologi ini.

Baca: Ini Skutik Bekas yang Banyak Dicari

Selain itu, pilihan mesin karburator juga berpengaruh kepada harga jual. Motor dengan mesin karburator memiliki harga yang terbilang miring dibandingkan dengan motor injeksi.

"Jadi banyak yang memilih untuk usaha, atau yang ingin motor denga harga tidak terlalu mahal. Mereka percaya motor karburator masih bandel untuk berbagai kebutuhan," ucap Iyos dari Talenta Motor dikesempatan yang sama.

Model-model yang banyak dicari antara lain skutik Honda Beat dan Vario serta Yamaha Mio. Tahun produksi antara lain 2014 kebawah dengan banderol harga yang ditawarkan sekitar Rp 5 jutaan.

Untuk sepeda motor bebek dan sport, model yang dicari antara lain Honda Supra, Revo, Yamaha Vega dan Jupiter serta underbone Honda Sonic dan Suzuki Satria.