Vinales Rebut Start Terdepan dari Tuan Rumah di Misano

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 9 September 2017 | 23:28 WIB

Vinales berhasil menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi dan meraih pole position. (Ghulam Muhammad Nayazri - )

Misano, KompasOtomotif – Mulai kembali menemukan performa terbaiknya, Maverick Vinales menunjukkan tajinya kembali, di mana meraih “pole postion” dan merebutnya dari tuan rumah Andrea Dovizioso pada detik-detik terakhir sesi kualifkasi.

Pada laga ini, Vinales sendirian berjuang membela tim Yamaha MotoGP, pasalnya Valentino Rossi rekan satu timnya sedang menjalani pemulihan pasca cedera. Pihak Yamaha juga tidak memberikan pebalap pengganti, dan bakal merugikan di sisi poin constructor.

Dovizioso harus rela berada di posisi kedua starti Minggu (10/9/2017) dan tertinggal 0,162 detik di belakang Vinales. Kemudian menempati posisi ketiga ada pebalap Honda Marc Marquez, yang mencatatkan waktu tercepat 1 menit 32,636 detik.

Marquez kembali harus jatuh di sesi ini, setelah sebelumnya dirinya juga sempat terperosok pada sesi latihan bebas kedua. Pada tempat keempat Cal Crutchlow dari LCR Honda, di mana dirinya kali ini berkendara dalam kondisi cedera jari.

Baca juga : Marquez Jatuh, Petrucci Pimpin Latihan Kedua

Membuntuti pers d belakang Crutchlow ada juara dunia lima kali Jorge Lorenzo dari Tim Ducati, dengan gap  hanya 0,024 detik. Menjadi juru kunci di baris kedua grid, ada pebalap rookie Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3), yang mulai bangkit kembali dari kecelakaan Sabtu pagi, dan berhasil mencapai posisi start di urutan keenam.

MotoGP
Hasil kualifikasi kedua GP San Marino, Sabtu (9/9/2017).