Enggan Inden Lama Xpander, Beralih ke Mobil Bekas

Febri Ardani Saragih - Rabu, 30 Agustus 2017 | 15:35 WIB

Mitsubishi Xpander GIIAS 2017 (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com – Banyak yang mengira salah satu calon mobil sejuta umat, Mitsubishi Xpander, bakalan mengganggu pasar mobil bekas (mobkas). Hal itu bisa saja kejadian, tapi tidak sekarang. Setidaknya sampai unit pesanan Xpander dikirim ke konsumen.

Xpander meluncur pada 10 Agustus lalu, sampai saat ini angka Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dari seluruh Indonesia mencapai lebih dari 5.000 unit. Meski begitu status Xpander inden sebab produksinya di pabrik terbaru Mitsubishi di Bekasi baru dimulai pada September.

Sedangkan pengiriman perdana dijanjikan bakal dikrim pada Oktober. Itupun konsumen kloter pertama yang mendapat unit duluan, selebihnya dikirim bertahap.

Jeda waktu inden itu yang jadi peluang buat bisnis mobkas. Tadinya dikira Xpander bakal meraup banyak calon konsumen potensial mobkas, ternyata tidak begitu menurut Herjanto Kosasih, Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua.

Baca juga: Xpander dan Wuling Rusak Pasar Mobil Bekas

“Ada efeknya, tapi tidak signifikan. Xpander itu kan penyerahannya nanti, orang beli mobil itu ada yang buru-buru (ingin langsung pakai mobil). Orang kan juga belum tahu Xpander bagus apa enggak, kata Herjanto.

Walaupun jumlahnya dikatakan tidak terlalu banyak, tipe konsumen buru-buru itu yang diserap pasar mobkas.