Kapan Xpander dan Wuling Keluar Bekasnya?

Aditya Maulana - Selasa, 29 Agustus 2017 | 08:25 WIB

Mitsubishi memulai rangkaian peluncuran Xpander ke beberapa kota besar Indonesia, salah satunya Surbaya, Rabu (23/8/2017). (Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania.com - Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S merupakan dua model baru di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Pesaing Avanza, Mobilio, Xenia, dan Ertiga itu cukup sukses di paruh awal penjualan.

Selama dua pekan, Xpander sudah dipesan ribuan orang, sementara Confero ratusan unit. Proses pengiriman ke konsumen dilakukan awal Oktober untuk mobil sejuta umat Mitsubishi, sedangkan merek asal China sekitar bulan depan.

Setelah itu, menurut Pengamat Pasar Mobil Bekas sekaligus Manajer Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, dalam jangka waktu dua atau tiga bulan setelah pengiriman ke konsumen, keduanya sudah beredar di diler mobil bekas.

"Setiap hadir model baru, trennya memang seperti itu. Ini juga akan terjadi pada Xpander dan Wuling. Wuling sekitar awal November, dan Xpander Desember atau Januari," ujar Herjanto saat dihubungi Otomania.com, Senin (28/8/2017) sore.

Stanly/KompasOtomotif
Wuling Motors di GIIAS 2017


Awal peluncuran, kata Herjanto biasanya masyarakat penasaran dengan model baru itu. Karakter setiap konsumen berbeda-beda, yang cocok dilanjutkan, jika tidak dijual lagi.

"Dulu Avanza-Xenia, Mobilio, Ertiga juga seperti itu. Saya amati paling cepat sekitar dua bulan mobil itu sudah banyak dijual lagi," kata dia.

Setelah itu, Xpander dan Confero bekas langsung menjadi sasaran pembeli. Harga yang ditawarkan jelas lebih murah ketimbang membeli baru.

"Turunnya sekitar Rp 10 juta sampai Rp 15 juta, karena baru dua atau tiga bulan. Lumayan selisih sebesar itu, apalagi buat pedagang mobil bekas," ucap Herjanto.