Motor Trail 150 Bukan Hanya Soal Mesin SOHC atau DOHC

Aditya Maulana - Rabu, 23 Agustus 2017 | 09:45 WIB

Honda CRF150 model 2016. (Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania.com - Sepeda motor trail Honda dengan kubikasi 150 cc diinformasikan meluncur tahun ini. Bahkan, dipastikan akan diproduksi di pabrik Astra Honda Motor (AHM), di Karawang, Jawa Barat.

Dalam mengembangkan motor trail itu, Sarwono Edhi, Technical Service Training Development AHM menjelaskan, bukan masalah pemilihan mesin SOHC atau DOHC, tetapi faktor lain perlu dipertimbangkan dengan matang.

"Kita memang harus membuat motor ini seringan mungkin, sesuai dengan fungsinya," kata pria yang akrab disapa Edhi saat berbincang dengan Otomania.com di ICE, BSD, Tangerang, pekan lalu.

Edi menambahkan, pemilihan sasis hingga pengaturan rasio gigi juga menjadi fokus utama. Bahkan, dalam memutuskan menggunakan sistem pembakaran injeksi atau karburator juga menjadi pertimbangan penting.

"Kita putuskan untuk menggunakan injeksi, karena mengenjar emisi gas buang Euro III. Jadi pertimbangannya banyak sekali jika dilihat dari sisi teknis," ujar Edhi.

Mengenai injeksi, Edhi pun sudah tidak khawatir lagi mengenai servis, sebab bengkel resmi Honda sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Karena kita sejak beberapa tahun lalu sudah mengampanyekan teknologi mesin injeksi, jadi pada trail nanti juga tetap memilih sistem pembakaran injeksi ketimbang karburator," ucap Edhi.