Toyota Rush Hadir Tanpa Konde, tapi...

Febri Ardani Saragih - Senin, 14 Agustus 2017 | 07:35 WIB

Toyota Rush TRD Sportivi versi modifikasi tanpa ban cadangan di belakang. (Febri Ardani Saragih - )

Tangerang, Otomania.com – Toyota Rush mejeng di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dengan penampilan berbeda. Konde alias ban cadangan yang menempel di pintu belakang menghilang, gantinya malah jadi seperti ada benjolan yang terlihat seperti ban cadangan.

Penampilan baru Rush ini dirancang oleh Akbar Juniarto, Designer Staff C&A Planning and Design Toyota Astra Motor (TAM). Tujuannya, menguji penerimaan masyarakat bila Rush tidak lagi pakai konde.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Toyota Rush modifikasi tanpa ban cadangan tampil di GIIAS 2017.
Akbar mengatakan, dari seluruh model SUV kecil hanya Rush (termasuk Daihatsu Terios) yang menggunakan konde. Kompetitor utama, Honda BR-V memakai gaya crossover dengan tampilan klimis tanpa konde.

Sewaktu Ford EcoSport masih dijual di dalam negeri masih menggunakan konde, namun edisi facelift-nya yang meluncur di negara lain sudah lepas konde.

“Banyak kompetitor Rush tidak pakai konde lagi. Nah, kalau kondenya Rush dilepas masyarakat masih menerima apa enggak, itu yang mau kami cari tahu. Konde itu kan untuk memperkuat penampilan SUV,” kata Akbar saat dihubungi Otomania.com, Minggu (13/8/2017).

KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Ban cadangan dipindah ke bagasi dan mengorbankan bangku baris ketiga. Terlihat dari sabuk pengaman yang masih muncul.

Ke mana bannya?

Model pamer ini menggunakan basis Rush TRD Sportivo M/T. Ban cadangan dan penyangganya dicopot, lalu Akbar mengatakan sengaja tampilan bokong tetap dibuat terlihat seperti masih punya konde agar tidak bikin kaget.

“Sebenarnya kami enggak mau langsung rata begitu saja, ada elemen lama yang dipertahankan,” ucap Akbar.

Ban cadangan berikut penyangganya dipindah ke dalam kabin, tepatnya di sebelah kiri bagasi. Agar muat, seluruh jok baris ketiga dicopot. Penampilannya jadi sedikit aneh sebab sabuk pengaman jok baris ketiga masih terpasang.

Tanpa konde, Rush mengorbankan kapasitas penumpang. Seharusnya Rush muat 7-penumpang, gara-gara copot konde kini hanya bisa mengangkut lima penumpang.