Rapor Setengah Tahun Otomotif Indonesia

Azwar Ferdian - Kamis, 10 Agustus 2017 | 10:16 WIB

Mitsubishi Xpander di GIIAS 2017 (Azwar Ferdian - )

Tangerang, Otomania.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan hasil kinerja para anggotanya selama enam bulan pada tahun ini. Harapannya industri tetap bertumbuh setelah ada investasi besar dari Mitsubishi dan Wuling yang sudah terealisasi pada tahun ini.

Di pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017), ‎Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan, penjualan kendaraan mencapai 533.570 unit atau naik 0,3 persen dari periode yang sama tahun lalu. Target  penjualan di dalam negeri tahun ini mencapai 1,1 juta unit, seperti tahun lalu.

Nangoi juga mengungkap angka ekspor kendaraan CBU (Completely Built Up) yang bertumbuh 20,5 persen dari periode sama pada tahun lalu, yaitu dengan angka 113.269 unit‎. Harapannya ekspor CBU bisa menyentuh 200.000 unit pada tahun ini.

Terakhir, Nangoi membeberkan angkap produksi kendaraan minimal roda empat di dalam negeri yakni menggapai 597.522 unit. Angka itu turun 0,7 persen dari periode sama tahun lalu.

"Kapasitas produksi di Indonesia saat ini 2,2 juta unit setelah investasi dari Mitsubishi dan SGMW Motor Indonesia (Wuling)," kata Nangoi

Nangoi juga mengungkap pencapaian lain dalam industri yaitu diresmikannya Pusat Riset dan Pengembangan Astra Daihatsu Motor yang dilakukan pada tahun ini.