Honda Jazz Mustahil Pakai Mesin Turbo

Aditya Maulana - Sabtu, 22 Juli 2017 | 09:03 WIB

Honda Jazz Facelift 2018 (Aditya Maulana - )

Surabaya, Otomania.com - Honda Prospect Motor (HPM) cukup gencar memboyong mobil baru dengan mesin turbo. Pertama Civic sedan dan hatchback, dan terakhir sport utility vehicle (SUV) medium CR-V 1.5-liter turbo.

Secara kapasitas mesin, ketiga model itu menjadi lebih kecil, tetapi berkat turbo tenaganya setara dengan mesin di atas 2.000 cc.

Awal pekan depan, merek asal Jepang itu akan meluncurkan Jazz facelift. Namun, sudah dipastikan yang berubah hanya sektor eksterior dan interior, sementara jantung pacu tetap sama seperti versi sebelumnya.

"Kalau mesin belum, ini hanya facelift saja. Ubahannya terlihat lebih menarik nantinya," ucap Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM Jonfis Fandy kepada Otomania.com di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (21/7/2017).

Lantas, ke depan mungkinkah Jazz ikut dipasang mesin turbo seperti model lain? Jonfis langsung menjawab tidak akan pernah terjadi.

Alasan dia, secara harga tidak masuk karena otomatis menjadi mahal. "Sekelas Jazz misalnya mesin jadi 1.000 turbo, tetapi harganya seperti HR-V, mana ada orang yang beli, mending beli HR-V sekaligus," ujar Jonfis.

Jonfis memastikan bahwa segmen hatchback seperti Jazz itu cocok menggunakan mesin 1.5-liter, SOHC, VTEC, dan 16 katup.