Kenapa Oli Mobil Lebih Awet Ketimbang Motor?

Febri Ardani Saragih - Selasa, 6 Juni 2017 | 09:25 WIB

Ilustrasi ganti oli (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com – Penggantian oli mesin sepeda motor disarankan pabrikan paling lama 4.000 km, sedangkan untuk mobil bisa sampai 10.000 km. Kenapa ganti oli motor lebih cepat?

Alasannya karena kerja oli mesin motor pada umumnya lebih berat ketimbang mobil. Dari penjelasan Brian Bayu Sukmana, Passanger Diesel Oil Pertamina Lubricants, oli mesin motor bekerja melumasi tiga bagian yaitu internal mesin, girboks, dan kopling. Sedangkan oli pada mesin mobil cuma melumasi internal mesin.

Kerja oli pada mesin motor juga lebih berat sebab dikatakan volumenya yang sedikit, yakni 800cc – 1 liter. Sementara itu pada oli mesin mobil volumenya 3,5 liter – 4 liter.

https://www.jupitergaragesheffield.co.uk
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

“Dari sisi jenuh, tingkat stress oli motor lebih tinggi. Oli motor ini isinya satu liter tapi berputar terus dan ada tiga kerjaan. Kalau pada motor, oli belum sempat dingin tuntas sudah harus kerja lagi,” ucap Brian di Jakarta, Senin (5/56/2017).

Menurut Brian, kualitas oli motor lebih bagus ketimbang mobil. Namun, lama pemakaian oli motor tidak bisa menyamai mobil karena ketahanannya lebih rendah.