Tunggu Waktu Berbuka, Yuk Ganti Wiper Mobil

Setyo Adi Nugroho - Senin, 5 Juni 2017 | 13:45 WIB

Merawat wiper kaca mobil (Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania.com - Jelang mudik Lebaran, mobil yang nanti akan digunakan harus dalam kondisi prima. Salah satunya bagian mobil yang perlu perhatian adalah wiper kaca bagian depan.

Pasalnya wiper memegan peranan penting menghadirkan visibilitas di kaca depan. Selain saat hujan juga saat kaca depan dalam kondisi kotor akibat debu.

Wiper butuh penggantian jika sudah tidak dapat menyingkirkan air secara sempurna dari permukaan kaca.Cara mengganti wiper juga cukup mudah, bahkan dapat dilakukan sembari menunggu waktu berbuka.

"Paling pertama pemilik mobil ukur panjang bilah wiper dengan menggunakan alat ukur. Biasanya satuannya dalam ukuran inci," ucap Suryanto dari Alif Aksesori beberapa waktu lalu.

Setelah mendapatkan wiper dengan ukuran standar pabrikan, tinggal melepas wiper lama. Caranya, angkat wiper dari kaca lalu tekan dan dorong ke bawah pengait di tengah bilah wiper. Ada beberapa model pengait lain tapi secara umum caranya hampir sama

Lakukan langkah yang sama untuk wiper satunya. Guna berjaga-jaga, lapisi ujung wiper dengan kain agar bila tidak sengaja jatuh, ujung wiper tidak merusak permukaan kaca.

Sebelum memasang wiper baru ada baiknya membersihkan tuas wiper dari kotoran. Setelah bersih lalu pasang dengan mengkaitkan wiper baru sampai terdengar bunyi klik. Selesai.

"Wiper yang tersedia di pasaran saat ini memang ada yang menjual secara satuan. Namun disarankan untuk menjaga performa wiper, penggantian dilakukan sepasang," ucap Suryanto.