Tol Setelah Brexit Statusnya Jalan Darurat

Febri Ardani Saragih - Jumat, 2 Juni 2017 | 16:48 WIB

Rumah mewah milik juragan Warung Tegal (warteg) masih berdiri kokoh di proyek jalan tol Pejagan - Pemalang Seksi III di Desa Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com – Penting untuk diketahui buat para pemudik tahun ini yang melewati Tol Cipali, jalur setelah pintu keluar tol Brebes Timur, Tol Pejagan-Pemalang rencananya sudah bisa digunakan tapi statusnya fungsional.

Menurut penjelasan, Kepala Bidang Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Polri Kombes Pol Darto Juhartono, pada H-10, Tol Pejagan-Pemalang sudah bisa digunakan. Namun rute yang dibuka hanya sampai Gringsing.

“Itu sekitar 130 km lebih. Kalau dari Gringsing sampai Semarang kelihatannya belum siap,” ucap Darto saat diskusi “Menengok Kesiapan Mudik Lebaran 2017” yang digelar Universitas Pertamina di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Darto menjelaskan, status fungsional Tol Pejagan-Pemalang artinya berlaku sementara. Hanya bisa digunakan mobil penumpang, sementara itu bus dan truk harus menggunakan jalur lain menuju Pantura.

“Oleh sebab itu dengan adanya pembangunan jalan yang bisa difungsionalkan sampai Gringsing, sedikit bisa mengurai kemacetan, mungkin sampai 40 persen,” kata Darto.