Sesuaikan Jadwal, Ini Prediksi Puncak Arus Mudik

Febri Ardani Saragih - Kamis, 1 Juni 2017 | 08:35 WIB

Ribuan pemudik sepeda motor melintasi jalur Cilamaya- Cikalong, Karawang, Jawa Barat, menuju Jalur Pantura ke arah Jawa Tengah memasuki H-3 saat puncak mudik Lebaran 2014, Jumat (25/7/2014). Pemerintah memperkirakan mereka yang menggunakan sepeda motor pada mudik tahun ini sebanyak 2 juta lebih. Kompas/Rony Ariyanto Nugroho (RON) 25-07-2014 (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com – Tahun ini Lebaran diprediksi jatuh pada tanggal 25 Juni dan 26 Juni. Sama seperti pada 2012 lalu, dua hari libur Lebaran tahun ini bertepatan hari Minggu dan Senin.

Berdasarkan keterangan banyak pihak, arus puncak mudik pada tahun ini diperkirakan bakal terjadi pada H-2 atau berarti 23 Juni (Jumat) dan 24 Juni (Sabtu). Saat itu bisa dipastikan kondisi jalanan keluar Jakarta sangat ramai kendaraan, kebalikannya kondisi di Jakarta bakalan sepi.

Berbagai pihak yang berkaitan dengan layanan publik terus beradaptasi dan melakukan perbaikan setiap tahun mengatasi masalah yang terjadi selama mudik. Misalnya, Kereta Api Indonesia, sudah menambah kapasitas angkut penumpang dan motor, serta Pertamina semakin banyak menyediakan layanan Bahan Bakar Minyak (BBM) bergerak untuk menghampiri kendaraan yang terjebak macet.

Puncak arus balik tahun ini diperkirakan terjadi pada akhir pekan setelah Lebaran. Itu berarti pada H+5 dan H+6 yang berarti pas tanggal 1 Juli (Sabtu) dan 2 Juli (Minggu).

Masa libur sekolah berakhir pada 8 Juli 2017 yang berarti masuk sekolah pada pekan kedua setelah Lebaran. Hal itu dipercaya bisa bikin arus balik terurai.