Ini Bahaya Jika Biarkan Karpet Mobil dalam Kondisi Kotor

Aditya Maulana - Rabu, 31 Mei 2017 | 19:05 WIB

Kustom karpet mobil untuk semua tipe kendaraan. (Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania.com - Terkadang pemilik mobil malas membersihkan karpet interior yang kotor. Padahal, cukup penting apalagi menyangkut kesehatan untuk pengemudi dan penumpangnya.

Sebab, karpet mobil yang kotor mudah menimbulkan bakteri, apalagi didiamkan dalam kondisi lama. Sebaiknya, langsung dibersihkan jika tidak ingin terserang penyakit.

"Efeknya tidak hari itu juga, tetapi beberapa waktu ke depan. Seperti merokok saja efeknya," kata Christopher Sebastian, CEO Makko Group di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2017) malam.

Paling cepat, pengemudi atau penumpang mobil itu bisa terserang gangguan pernapasan, karena setiap hari di dalam mobil menghirup udara kotor.

"Kalau kelihatan kotor maka langsung bersihkan saja, jangan sampai menunggu lama dulu baru dibersihkan," ujar dia.

Paling mudah, sekarang ini lanjut Christopher tersedia jenis karpet PVC Coil. Karpet yang menyerupai mie itu diklaim mudah dibersihkan dan tidak memakan waktu lama.

"Cukup dikeluarkan saja lalu dibersihkan dengan air atau di vakum juga bisa. Lebih praktis lagi dipukul bagian belakangnya sehingga kotoran di dalam ke luar," kata Christopher.