Tren Biker di Jalan Raya, "Cornering" Gaya Pebalap MotoGP

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 31 Mei 2017 | 13:35 WIB

Posisi klasmen MotoGP setelah Le Mans (Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania.com- Berkendara bersama teman-teman sesama penggemar sepeda motor tentu menyenangkan. Pada akhir pekan biasanya para komunitas roda dua menggunakan kesempatan untuk melakukan turing singkat atau sekedar jalan-jalan keluar kota.

Salah satu yang sekarang banyak dilakukan adalah aksi cornering atau berbelok ala pebalap MotoGP. Banyak tersebar di media sosial, komunitas menggunakan cara berbelok ini di saat turing atau sekedar berlatih untuk diabadikan dalam foto guna kepentingan di media sosial.

Namun pada beberapa video yang sempat viral di sosial media, cara berbelok ini beberapa kali membuat celaka pengendaranya. Mereka terjatuh dan melukai diri sendiri.

Dalam salah satu video yang beredar saat berbelok pengendara terjatuh dan mengarah ke sebuah pohon. Beruntung dirinya tidak menabrak pohon tersebut meski sepeda motornya harus masuk ke dalam parit.

Sebenarnya apa yang menarik dari cara berbelok ini. Dari salah satu anggota komunitas motorsport, aksi berbelok ini memang dilihat lebih ke aksi dan untuk memuaskan cara berkendara seperti pebalap pujaan.

”Adrenalinnya lebih terasa. Buat dilihat di video atau foto juga bagus, lebih meyakinkan. Memang perlu latihan dan keberanian, maka perlu berkali-kali,” ucap member komunitas motor sport yang tidak ingin disebutkan identitasnya tersebut.

Sayangnya ini sering dilakukan di jalan raya dimana ada kemungkinan terjadi kecelakaan dan merugikan diri sendiri serta pengguna jalan lain. Tidak terlepas kemungkinan masalah datang dari kondisi sepeda motor.