Ketahui Ini Bila Setrum Aki yang Soak

Febri Ardani Saragih - Rabu, 31 Mei 2017 | 13:09 WIB

Ilustrasi perawatan aki pada mobil (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com – Sebelum jalan-jalan atau mudik di libur Lebaran, ada baiknya pemilik kendaraan mengecek kondisi aki dari sekarang. Bila usia pakainya tinggal sedikit lagi, lebih baik diganti daripada menyusahkan nanti.

Usia pakai aki umumnya satu sampai dua tahun. Jika sudah sampai soak direkomendasikan ganti aki baru buat kenyamanan dan keamanan pemilik kendaraaan.

Aki soak tidak ada obatnya. Mengisi lagi energi aki pakai perangkat charger hanya berlaku sementara dan tidak disarankan. Alasannya, kemampuan aki yang sudah masuk masa pensiun menyimpan energi telah menurun.  

Baca: Bedanya Aki Soak dengan Kurang Setrum

“Kalau memang mau disetrum lagi pastikan pakai yang slow charge, kira-kira waktunya sampai delapan jam. Kalau quick charge dia akan tambah menurunkan ketahanan aki,” kata Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service Toyota Astra Motor, Selasa (30/5/2017).

Menurut Dadi indikator yang biasanya terdapat pada aki tidak menjelaskan semua tentang kondisi kesehatannya. Cara paling akurat mengeceknya yaitu pakai alat ukur yang ada di bengkel.

Waspada buat yang ingin mudik, jangan sampai aki tiba-tiba mati dalam perjalanan. Luangkan waktu sebentar buat memeriksa aki ke bengkel sekaligus mempersiapkan kondisi mobil seluruhnya buat mudik.