Bahaya Merokok Sambil Berkendara

Aditya Maulana - Jumat, 19 Mei 2017 | 15:04 WIB

Berwisata naik motor di Yogyakarta. (Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania.com - Selama di perjalanan, pengendara sepeda motor atau mobil terkadang suka sambil melakukan aktivitas. Misal, main handphone, mendengarkan musik, hingga yang tak kalah sering dilakukan, yaitu merokok.

Semua aktivitas itu ada yang bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Selain ponsel, berkendara sambil merokok juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Salah satu contoh, belum lama ini viral di media sosial, salah seorang pengguna motor  mengalami luka pada mata bagian kanan. Melalui akun Facebook, dia menceritakan bahwa terluka akibat abu rokok pengguna motor di depannya.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), apa pun alasannya, aktivitas merokok sambil berkendara itu bukan tanpa risiko.

"Debu atau bara rokok bisa berterbangan kemana-mana dan paling parah bisa ke mata pengendara lain," kata Edo kepada Otomania.com melalui pesan singkat belum lama ini.

Edo melanjutkan, pengguna motor lain bisa mencegah agar tidak terkena abu rokok dengan cara menggunakan helm full face atau pelingung wajah hingga mata.

"Buat yang perokok sambil berkendara, sebaiknya berhenti dulu dan setelah selesai baru jalan lagi. Merokok sambil berkendara juga bisa memicu terjadinya insiden atau kecelakaan lalu lintas," ujar Edo.