Bos Honda Bicara Generasi Baru Yamaha V-Ixion

Febri Ardani Saragih - Minggu, 30 April 2017 | 12:58 WIB

Yamaha meluncurkan generasi terbaru V-Ixion di IIMS 2017, Kamis (27/4/2017). (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com – Penampakan generasi baru Yamaha V-Ixion yang resmi meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) sudah disaksikan langsung oleh Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma. Bos asal Jepang itu punya pendapat soal pesaing abadi Honda CB150R, terutama soal pilihan mesin.

V-Ixion sekarang menawarkan dua pilihan mesin SOHC, standar seperti model lama 149,8cc (150cc) dan mesin baru 155cc punya R15.  Mesin baru itu membuat V-Ixion bisa dikategorikan versi naked dari R15.

Aditya Maulana/KompasOtomotif
Generasi baru V-Ixion, terlihat serupa, tetapi jauh berbeda.
Inuma membaca strategi dua mesin buat V-Ixion terkait keinginan Yamaha tetap berada di ranah balap.

“Saya pikir Yamaha juga harus memikirkan banyak hal, sebab mereka punya mesin 155cc dan 150cc. Jika dia memikirkan tentang regulasi balap, dia harus 150cc. Jadi lebih baik mereka punya dua, 150cc dan 155cc juga,” kata Inuma di stan AHM di Indonesia International Motor Show (IIMS), Sabtu (29/4/2017).

Berbeda ketimbang V-Ixion yang pakai mesin SOHC dengan karakter performa bagus saat putaran mesin tinggi, Honda CB150R menggunakan mesin DOHC yang dianggap lebih nyaman buat komuter sebab karakternya berada di putaran mesin menengah.

“Kami tetap memilih DOHC, karena lebih baik buat konsumen tapi memang ada konsumen yang ingin performa tinggi. Selalu cukup sulit, karena kami selalu bersaing,” ucap Inuma.

Terakhir, ditanya soal desain baru V-Ixion. Inuma menjawab singkat, “Not bad”. Pengembangannya dibilang membaik dari model sebelumnya, hanya saja tidak banyak berubah ketimbang model lama.