Harapan VW Rakit Mobil CKD di Indonesia Belum Pupus

Febri Ardani Saragih - Kamis, 27 April 2017 | 20:35 WIB

Robot di pabrik VW (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com – Ombak besar yang menyambar Volkswagen AG terkait skandal emisi mesin diesel di berbagai negara sampai ke pesisir Indonesia. Akibatnya, investasi buat peralihan produksi Semi Knock Down (SKD) menjadi Completely Knock Down (CKD) di pabrik milik Grup Indomobil di Karawang, Jawa Barat, ditunda entah sampai kapan.

Meski sedang gantung, bukan berarti harapan CKD pupus. Andrew Nasuri, CEO Volkswagen-Audi Indonesia meyakinkan masih ada kemungkinan rencana investasi Volkswagen AG bakal dilakukan.

“Dari dulu sudah ada rencana bikin pabrik di sini, cuma karena memang Volkswagen ada skandal emisi itu jadi tertunda. Jadi mereka lagi selesaikan urusan, setelah itu sudah beres baru dibicarakan lagi,” kata Andrew saat ditemui di Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis (27/4/2017).

Andrew bersihkeras investasi bukan batal, hanya saja masih menunggu kesiapan Volkswagen AG.

Rencana mendirikan pabrik mulai berhembus sejak kunjungan Christian Klinger, Head of Sales & Marketing and Member of Board of Management Volkswagen AG, ke Indonesia pada 2013. Volkswagen Indonesia sudah menghentikan operasi perakitan SKD di Cikampek untuk Touran, Golf, dan Caravelle, serta Audi A4 dan A6.