Alasan Honda Pilih Mesin Turbo Buat CR-V

Febri Ardani Saragih - Kamis, 27 April 2017 | 19:45 WIB

Generasi kelima Honda CR-V meluncur di Indonesia International Motor Show, Kamis (27/4/2017). (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com - CR-V merupakan model kedua Honda Prospect Motor (HPM) yang menggendong mesin turbo setelah Civic. Peluncuran CR-V dengan mesin 1.5L turbo di Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis (27/4/2014), menjadi yang pertama di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Sama seperti sebelumnya CR-V terbaru tetap rakitan lokal. Kini CR-V tersedia tiga varian, yaitu 2.0L, 1.5L Turbo, dan 1.5L Turbo Prestige.

HPM memilih menawarkan mesin 1.5 Turbo menggantikan mesin lama 2.4L karena memandang ada banyak keuntungan buat konsumen. Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM Jonfis Fandy menjelaskan, konsumen dibebani pajak lebih kecil dan mendapatkan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Selain itu konsumen juga tidak kekurangan performa. Jonfis menyebut mesin 1.5L turbo menghasilkan tenaga yang sama seperti mesin 2.4L. Besar tenaganya 190 PS dan torsi 240 Nm.

"Mengusung turbo juga membuat purna jualnya (lebih baik)," ucap Jonfis.

7 penumpang

Selain mesin baru, generasi kelima CR-V juga sanggup mengangkut tujuh penumpang. Spesifikasi itu tersedia hanya pada varian mesin 1.5L Turbo, sementara mesin 2.0L tetap lima penumpang.

Melengkapi CR-V dengan tiga baris jok juga upaya HPM memenuhi kebutuhan konsumen, kata Jonfis. Karakter konsumen CR-V dikatakan berpendapatan cukup tinggi dan bekerja sebagai profesional, selain itu juga ada yang berkeluaga kecil.

"Ada sebagian yang menikmati hari-hari kosong mereka memerlukan kapasitas lebih besar," kata Jonfis.