Kebiasaan Salah Soal Kunci Kontak Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 12 April 2017 | 08:49 WIB

Kunci kontak sepeda motor juga perlu perawatan (Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania.com – Bagian kunci sepeda motor jarang dilirik pemilik untuk melakukan perawatan. Padahal bagian ini merupakan unsur keamanan penting untuk mengoperasikan sepeda motor pertama kali.

Beberapa masalah pada bagian kunci kontak adalah sleg atau longgar. Masalah ini bermula dari kebiasaan salah pemilik motor.

“Perawatan kunci kontak itu sederhana. Jangan biarkan memberi banyak beban pada kunci sepeda motor karena itu yang membuat kunci cepat longgar,” ucap Endro Sutarno, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu.

Pemilik motor sebaiknya tidak menggabungkan kunci motor dengan kunci lain seperti kunci untuk rumah atau kunci loker dengan kunci motor. Penggunaan dompet STNK juga disarankan tidak digunakan menggantung bersamaan kunci motor.

“Cukup kunci motor dengan gantungan kunci atau lebih aman tali gantungan. Tali gantungan ini bisa dikaitkan pada spion motor untuk tambahan keamanan selama motor digunakan,” ucap Endro.

Pemilik motor juga bisa memberikan pelumas apabila kunci terasa seret saat dimasukkan ke rumah kunci kontak. Perawatan ini juga memperpanjang umur pakai kunci kontak sepeda motor.