Sirkuit Jalanan di Lombok Digarap Arsitek Kawakan

Aditya Maulana - Rabu, 5 April 2017 | 17:35 WIB

Para pebalap MotoGP (kanan-kiri), Scott Redding (Octo Pramac), Marc Marquez (Repsol Honda), Mike Jones (Avintia), dan Cal Crutchlow (LCR Honda) memacu motor mereka pada sesi latihan bebas pertama GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Jumat (21/10/2016). (Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania.com - Selain membuat kawasan wisata, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) juga akan membangun Sirkuit di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Konsepnya, yaitu Sirkuit jalanan (street circuit) yang bertaraf internasional.

Bukan hanya itu, bahkan pembuatan desainnya akan dilakukan oleh arsitek kawakan yang biasa membuat Sirkuit untuk balapan MotoGP. Tak lain, adalah Hermann Tilke dan satu lagi desainer rekomendasi dari Dorna Sport.

"Sebenarnya keduanya merupakan rekomendasi dari Dorna. Kita lihat saja nanti siapa yang akan mendesain Sirkuitnya," ucap Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer saat dihubungi Otomania.com, Selasa (4/4/2017) malam.

Konsep Sirkuit jalanan itu juga dikatakan Abdulbar punya lingkungan yang sehat, dimana di sekelilingnya terdapat banyak pohon. Bahkan, diklaim menjadi salah satu Sirkuit paling "green" dari yang ada di seluruh dunia.

"Master plan sudah kita buat, dan pihak kami juga sudah melakukan komunikasi dengan Dorna," ujar Abdulbar.

Kawasan wisata Mandalika, termasuk Sirkuit itu akan berdiri di atas lahan seluas 120 hektar. Rencananya mulai dibangun tahun ini dan rampung pada 2019.