Mengenal Mata Laser BMW i8

Febri Ardani Saragih - Rabu, 29 Maret 2017 | 09:05 WIB

BMW i8 (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania.com – Sebagai model ikonis, BMW i8 punya banyak teknologi canggih. Salah satu yang layak dapat sorotan yaitu laser light pada lampu depan.

BMW mengklaim, sedan sport 2+2 yang mulai dijual pada 2014 ini merupakan mobil produksi massal pertama di dunia dengan laser light. Sayangnya fitur ini tidak tersedia pada i8 di Indonesia.

Lampu depan standar i8 menggunakan Light Emitting Diodes (LED) yang mampu menyinari hingga 300 m. Sementara itu teknologi laser yang jadi fitur optional di pasar negara lain, mampu memaksimalkan sorotan lampu jauh sampai 600 m.

BMW Blog
BMW Laser Light pada i8
LED merupakan pencahayaan hemat sebab memakan sedikit energi. Pada laser efisiensi energi semakin rendah, lebih irit 30 persen dari LED.

Mekanismenya laser light pada i8, konsentrasi sinar hasil laser diarahkan oleh optik spesial ke material fluorescent phosphor yang ada di dalam lampu depan. Kerja itu menghasilkan cahaya putih 10 kali lebih baik dari lampu biasa.

Cara kerja laser light berkaitan dengan fitur High Beam Assistant yang memanfaatkan kamera di kaca depan. Ketika lampu jauh dalam posisi on, secara otomatis akan pindah ke lampu dekat jika kamera mendeteksi ada kendaraan lain dari arah depan.