Kenapa Servis Vespa Modern Kerap Dianggap Mahal?

Aditya Maulana - Selasa, 28 Maret 2017 | 08:45 WIB

Vespa 946 Armany (Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania.com - Masyarakat banyak yang bilang kalau servis Vespa modern cukup mahal. Bahkan, jika dibandingkan dengan skuter asal Jepang, seperti merek Honda, dan Yamaha perbedaan harganya untuk servis berkala lumayan tinggi.

Misalnya, skuter asal Jepang seperti Vario, dan Aerox 155 dikisaran Rp 200.000 hingga Rp 250.000 (ganti oli dan servis ringan), sedangkan Vespa mulai Rp 300.000-an ke atas. Banderol tersebut sama-sama melakukan servis di bengkel resmi.

Menanggapi hal itu, Rakhmat Cahyo Pratomo, Aftersales Director PT Piaggio Indonesia mengatakan, sebenarnya tidak mahal. Bahkan jika dibandingkan ada beberapa onderdil kompetitor yang lebih mahal ketimbang milik Vespa.

Ghulam/Otomania
Bengkel spesialis Vespa dan Piaggio mtik yang berlokasi di Jalan Layur Pulogadung Jakarta TImur


"Jangan dibandingkan orisinil asli dengan level dua dari merek lain, jelas berbeda. Karena kami semuanya impor dari Vietnam, Thailand dan Italia," kata Rakhmat akhir pekan lalu di kawasan Jakarta Selatan.

Sementara itu, kata Rakhmat mengenai biaya jasa diserahkan kepada masing-masing diler atau bengkel. Namun, penetapan harga itu tetap dipantau oleh Piaggio Indonesia.

"Selagi harganya tidak mencekik atau masih wajar kita berikan kebebasan, tetapi kalau sudah melebihi batas itu akan langsung ditegur," ujar Rakhmat.