Jangan Pakai Sepatu Ini saat Naik Sepeda Motor

Aditya Maulana - Selasa, 14 Maret 2017 | 12:45 WIB

ilustrasi (Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania.com - Kecelakaan lalu lintas terjadi bukan karena kelalaian dari pengendara sepeda motor. Faktor lain, seperti pakaian, hingga sepatu bisa menjadi penyebabnya.

Misal, pengendara menggunakan busana panjang sampai menyentuh kaki, atau jas hujan model ponco. Potensi pakaian itu terlilit gir, rantai atau pelek cukup tinggi, dan nantinya bisa terjatuh dan cedera.

Menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), sepatu juga bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Contoh kasus, wanita yang menggunakan high heels atau sepatu dengan hak tinggi.

"Kalau berkendara motor pakai sepatu seperti itu jelas berbahaya, karena posisi kaki dengan pedal rem dan gigi tidak seimbang. Kalau harus melakukan pengereman mendadak jelas sangat sulit dan bisa terjadi kecelakaan," kata Jusri kepada Otomania.com, Senin (13/3/2017).

Baca: Jaga Pakaian Jangan Sampai Terlilit Gir Sepeda Motor

Bikers wanita atau pria, lanjut Jusri sebaiknya menggunakan sepatu pada umumnya. Usahakan, menutup mata kaki karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, bisa mengurangi risiko cedera berat.

"Jika harus pakai sepatu dengan hak tinggi untuk kerja, maka simpan dulu di tas atau di bagasi. Selama berkendara motor pakailah sepatu model lain yang alasnya rata, setelah sampai di kantor bisa pakai lagi sepatu high heels-nya itu," ujar Jusri.

Cara seperti itu, kata Jusri jauh lebih aman dan nyaman. "Jadi diharapkan penggendara motor baik itu pria atau wanita seperti itu, demi keselamatan bersama," ucap dia.