Alasan Tutup Rantai Tidak Lagi Digunakan

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 14 Maret 2017 | 07:25 WIB

Membersihkan rantai (Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania.com – Rantai menjadi bagian penting pada sepeda motor terutama jenis bebek dan sport untuk bergerak. Salah satu kelengkapan pada rantai adalah penutup rantai yang hadir sebagai pelindung.

Namun belakangan, produsen sepeda motor nampak menghadirkan penutup rantai dengan desain minimalis atau bahkan tidak sama sekali.

Menurut Endro Sutarno, dari departemen training PT Astra Honda Motor, keputusan produsen tidak menggunakan penutup rantai karena permintaan dari konsumen.

“Pertimbangannya untuk memenuhi keinginan konsumen. Motor tanpa tutup rantai dianggap lebih sporty seperti motor balap,” ucap Endro saat dihubungi Senin, (13/3/2017).

Tujuan penggunaan tutup rantai sebenarnya adalah melindungi rantai dari debu. Tujuan lainnya adalah melindungi kaki pengendara dari cedera akibat terkena rantai saat bekerja.

Endro menceritakan, motor dahulu memiliki penutup rantai yang menutup semua bagian rantai. Namun model ini dianggap kuno. Belakangan produsen mendesain penutup rantai minimalis hanya menutup bagian atas saja.

“Pabrikan membuat model motor salah satunya masukan dari konsumen juga. Ubahan desain penutup rantai saat ini tetap tidak meninggalkan tugasnya melindungi rantai namun juga memenuhi keinginan konsumen akan tampilan motor yang sporty,” ucap Endro.