Pameran Kreatif untuk Mobil Perdesaan

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 8 Maret 2017 | 13:18 WIB

Salah satu prototipe mobil pedesaan yang dipamerkan pada acara peluncuran Kebijakan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM di Desa Tumang, Boyolali, 30 Januari 2017. (Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania.com – Institut Otomotif Indonesia (IOI) menyelenggarakan Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor yang digelar di Bali Creative Industry Center (BCIC) Denpasar, 7-12 Maret 2017.

Ajang ini digelar guna mewadahi kreativitas pelaku industri, komunitas dan masyarakat, termasuk perguruan tinggi agar lebih dikenal sehingga memberikan nilai ekonomi yang lebih tinggi.

“Melalui pameran ini, para pelaku industri kreatif mobil dan motor, terutama yang bergerak di bidang komponen dan industri kreatif seperti aksesori mobil dan motor modifikasi bisa menampilkan karya-karya unggulan mereka, termasuk para komunitas pencinta otomotif,” kata Presiden IOI,  I Made Dana Tangkas dalam keterangan resminya, Senin (7/3/2017).

Menurut Made Dana, potensi pelaku industri kreatif di bidang otomotif di Indonesia cukup besar, ini antara lain terlihat dari berbagai kemajuan di bidang modifikasi dan asesoris. Pelakunya adalah industri kecil menengah (IKM) yang berpeluang untuk menjadi pemasok komponen, maupun kelengkapan mobil atau motor lainnya.

Selain menampilkan berbagai produk kreatif, pada pameran  ini juga akan diselenggarakan seminar, focus discussion group (FDG), sertifikasi dan business matching, serta lomba desain kendaraan pedesaan.

“Dalam lomba desain kendaraan perdesaan, selain untuk medorong kreativitas juga sekaligus untuk menemukan gagasan masyarakat mengenai model kendaraan perdesaan yang akan menjadi masukan yang berharga bagi Kementerian Perindustrian,” kata Made.