2 Moge Sangar Yamaha Pengawal Raja Salman

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 2 Maret 2017 | 12:43 WIB

Yamaha FZ1 yang dipakai Paspampres (Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania.com – Masih seputar kendaraan yang digunakan pada kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Said yang berkunjung Rabu, (1/3/2017), ada dua sepeda motor yang cukup menyita perhatian. Sepeda motor ini dikendarai dua petugas dengan senjata serbu dengan warna serba hitam.

Motor tersebut adalah Yamaha FZ1 yang berjaga tidak kurang lima meter dari mobil Raja Salman. Para petugas pengamanan ini akan bereaksi cepat jika terjadi ancaman pada tamu negara.

Motor bertipe naked sport ini mengusung mesin empat silinder segaris 998 cc DOHC injeksi. Tenaga yang dihasilkan sebesar 150 tk dengan torsi 106 Nm, yang mampu bereaksi cepat saat dibutuhkan. Ini juga menjadi sebab motor ini tidak kepayahan saat mengiringi mobil Raja Salman.

Kompas TV
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bertolak ke Istana Bogor, Rabu (1/3/2017) siang, setelah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Satu lagi motor yang juga ada dalam rombongan adalah Yamaha XJ900P. Motor turing ini diletakkan di depan mobil Raja Salman.

Untuk urusan mesin, XJ900P menggunakan mesin 4 silinder segaris 900 cc DOHC. Di atas kertas mesin ini menghasilkan tenaga 90 dk dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 240 kilometer per jam.

Motor ini sudah membawa panniers untuk keperluan perlengkapan kepolisian serta lampu sirine. Motor ini menggunakan penggerak gardan yang lebih efisien dan minim perawatan dibandingkan dengan rantai.

Dari fitur memang tidak sekelas Goldwing, tapi soal daya jelajah motor ini mumpuni. Tangki bahan bakar 24 liter membuat kebutuhan pengawalan dalam dan luar kota bisa dilakukan tanpa hambatan.

bennythegreat.wordpress
XJ900p Yamaha khusus kepolisian