Apa Kabar Karimun Wagon R 7-Penumpang?

Febri Ardani Saragih - Jumat, 10 Februari 2017 | 08:05 WIB

Sosok Karimun Wagon R 3-baris sudah diperkenalkan di IIMS 2013 lalu. (Febri Ardani Saragih - )

Jakarta, Otomania – Sudah berjalan tiga tahun sejak pertama kali konsep untuk Low Cost Green Car (LCGC) Karimun Wagon R dengan kabin yang muat tujuh penumpang debut di Indonesia International Auto Show 2013. Bahkan hingga Datsun GO+, Daihatsu Sigra, dan Toyota Calya, meluncur, konsep itu belum juga jadi nyata.

Saat ditanyakan ke pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS), jawaban soal kabar “MPV Karimun Wagon R” selalu dikatakan “sedang dikembangkan”. Meski begitu, detail kemajuan pengembangannya belum dibuka sudah sejauh mana.

Informasi baru datang dari Setiawan Surya Sales & Marketing Director SIS 4W usai peluncuran Ertiga Diesel di Jakarta, Selasa (7/2/2017). Kemungkinan ada yang berubah dari stategi pengembangan produk SIS.

“Karena ada perubahan konsep ya. Kami sedang mengembangkan. Jadi, ada, cuma nanti waktunya ya. Nanti enggak seru lagi,” ucap Setiawan.

Menarik memerhatikan jawaban dari Setiawan sebab dia menyebut “perubahan konsep”. Selain itu, dari hasil wawancara selama beberapa menit, Setiawan tidak pernah menyinggung soal “MPV” namun selalu menekankan “7-seater” untuk segmen LCGC.

Bisa jadi, ide desain MPV 7-penumpang buat Karimun Wagon R menguap dan SIS sekarang sedang mempelajari strategi baru untuk produk tambahan di LCGC. Tidak ada penjelasan lebih lanjut soal itu dari Setiawan. 

Sedikit membaca peluang, bila SIS masuk ke segmen MPV 7-penumpang tentu harus siap-siap “pasang badan” sebab sudah ada Datsun GO+, Daihatsu Sigra, dan Toyota Calya. Kesempatan akan terbuka lebih besar jika SIS menghadirkan produk alternatif buat menghindari bentrok langsung sekaligus menggarap pasar baru.