Kaca Mobil Eropa, Jangan Main Asal Poles

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 9 Februari 2017 | 19:05 WIB

Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujan (Setyo Adi Nugroho - )


Jakarta, Otomania – Bagi pemilik mobil, bagian kaca memerlukan perawatan lebih terutama pada saat cuaca hujan seperti saat ini. Khusus untuk pemilik kendaraan Eropa, perawatan kaca memerluan perhatian lebih.

“Kaca mobil Eropa memiliki kepekaan lebih tinggi dibanding misalnya kaca mobil Jepang. Perlakuannya khusus jangan gunakan sembarang obat poles,” ucap Wira dari bengkel Asia Jaya Motor, Pondok Gede saat ditemui beberapa waktu lalu.

Salah satu sebabnya adalah kaca mobil Eropa memiliki lapisan filter bawaan. Meski tanpa kaca film, kaca mobil Eropa mampu mengurangi intensitas cahaya.

“Bila menggunakan obat anti jamur pada kaca, kejadiannya malah obat tersebut terserap ke lapisan dalam kaca. Ini yang kemudian sering dijumpai di kaca mobil Eropa berupa noda berwarna hitam,” ucap Wira.

Perlakuan sama untuk kaca dengan warna biru yang memiliki fitur anti silau. Biasanya digunakan pada kaca spion mobil keluaran terbaru.

“Dilap saja dan gunakan sabun biasa. Lalu lap kering. Jangan pakai obat poles, atau baiknya serahkan pada bengkel poles yang sudah berpengalaman,” ucap Wira.