Buang Kebiasaan Kuno, Geber Gas Saat Matikan Mesin Mobil

Aditya Maulana - Selasa, 31 Januari 2017 | 10:47 WIB

Smart key Nissan dan tombol engine start stop milik Mitsubishi. (Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania — Banyak ritual ketika pengendara mematikan mesin mobil. Salah satu contohnya adalah menginjak pedal gas dan menggeber gas terlebih dulu sebelum memutar kunci kontak ke posisi off.

Tujuannya agar aki tetap memiliki daya ketika mau menyalakan mesin kembali. Lantas, apakah cara tersebut masih boleh dilakukan?

Menurut General Manager Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, cara seperti itu tidak dianjurkan lagi.

"Sekarang tidak lagi seperti itu, matikan mesin seperti biasa saja," kata Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat, Selasa (31/1/2017).

Lantas bagaimana cara yang benar dalam mematikan mesin mobil? Dadi menjelaskan, usahakan posisi setir kemudi dan ban dalam kondisi lurus. Setelah itu bisa langsung menggeser kunci kontak ke posisi off atau menekan tombol start/stop engine.

Sementara itu, Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), menambahkan, posisi tuas transmisi juga harus dalam kondisi netral.

"Buat matik pastikan di posisi P, dan manual netral. Setelah itu, boleh matikan mesin seperti biasa. Usahakan juga jangan menggeber pedal gas dulu untuk mobil keluaran terbaru," kata Anjar kepada Otomania.

Nah, ternyata cara benar matikan mesin mobil itu cukup mudah dan tidak perlu menggeber pedal gas atau kebiasaan lainnya.