Toyota Mau Impor Pengganti NAV1

Aditya Maulana - Rabu, 18 Januari 2017 | 10:33 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania - Akhir tahun lalu PT Sugity Creatives yang memproduksi Toyota NAV1 ditutup. Dampaknya, kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) premium itu buat pasar otomotif nasional akan diimpor utuh (completely build up/CBU) dari Jepang.

Model yang akan dijual di Indonesia nantinya antara Noah atau Voxy. Menurut Bansar Maduma, Product General Manager CBU & Commercial TAM, sekarang ini belum bisa diputuskan. Sebab, masih dalam proses studi kepada konsumen.

"Jadi kami belum bisa memutuskan apa yang akan dibawa, tergantung dari konsumen mau yang mana," kata Bansar saat berbincang dengan Otomania di acara peluncuran Innova Venturer dan Corolla Altis, di kawasan Jakarta Pusat belum lama ini.

Baca: Toyota Indonesia Stop Produksi NAV1

Bansar menjelaskan, negara yang akan mengirim MPV premium itu dari Jepang, bukan Thailand. Sehingga, dalam proses survei, dijelaskan model itu dari Jepang.

"Kalau dari jepang kita lebih mudah, tetapi kapan waktunya belum bisa kita putuskan, biasanya ketika ada ajang pameran otomotif," kata Bansar.

Sekedar mengingatkan, NAV1 pertama kali dijual di Indonesia pada Desember 2012. Sugity merupakan pabrik yang memproduksi NAV1 secara Compeletely Knocked Down (CKD).