Mobilio Bersolek, Bagaimana Avanza?

Aditya Maulana - Senin, 16 Januari 2017 | 08:25 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania - Persaingan segmen kendaraan multi guna bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) di pasar otomotif nasional semakin ketat. Masing-masing merek punya cara tersendiri buat menarik minat konsumen, salah satunya melakukan penyegaran produk.

Awal tahun ini, Honda baru saja meluncurkan Mobilio facelift. Sehingga kini, tampilannya menjadi jauh lebih menarik dibandingkan dengan model sebelumnya.

Melihat kondisi seperti itu, apakah Toyota akan ikut melakukan ubahan pada LMPV jagoannya itu di tahun ini?  
 
Dijelaskan Executive GM Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, dalam melakukan penyegaran suatu produk, perusahaan selalu mendengarkan masukan dari konsumen. Sebab, sebelumnya dilakukan survei.

"Jadi kita tidak serta merta kompetitor meluncurkan yang baru, kita juga ikut. Prosesnya tidak seperti itu," ujar pria yang akrab disapa Soerjo saat dihubungi Otomania, Minggu (15/1/2016) sore.

Soerjo melanjutkan, untuk tahun ini belum bisa dipastikan. Tetapi, jika kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan akan mempertimbangkannya.

"Jadi kalau mendengarkan apa kata konsumen itu, penyegarannya pun bisa diterima dengan baik. Cara seperti itu yang selalu kita lakukan," kata dia.

Avanza yang kini beredar belum mengalami perubahan lagi. Terakhir, merek asal Jepang itu melakukan penyegaran pada pertengahan 2015.