Waspada Rembesan Air Setelah Pasang Roof Box

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 30 Desember 2016 | 17:11 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )


Jakarta, Otomania – Seorang pemilik mobil mengeluhkan mobilnya mengalami kejadian air hujan merembes hingga ke kabin. Ini dirasakannya setelah beberapa saat menurunkan aksesori roof rack atau roof box dari atap kendaraan.

“Kejadian ini memang kerap ditemui pada mobil-mobil yang memasang tambahan aksesori di atap kendaraan. Baru terasa saat hujan deras, air masuk ke dalam kabin,” ucap Solihin dari bengkel Darajat Karet Pasar Otomotif Klender ketika ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Menurut Solihin, masalah ini terjadi karena tipe pegangan aksesori tersebut yang menjepit bagian dalam pintu kendaraan. Akibatnya pelat dari pegangan aksesori tersebut menempel di karet pintu yang membuat kondisi karet berubah.

“Antara karet pintu jadi ada tambahan pelat pegangan aksesori tersebut. Setelah sekian lama ketika pemilik bosan dan menurunkan aksesori tersebut tanpa sadar karet sudah berubah. Ini penyebabnya,” ucap Solihin.

Jalan keluar untuk masalah ini hanya dengan mengganti karet pintu tersebut dengan karet baru. Biayanya berkisar dari Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu.