Cara Rawat Kaca Film Tanpa Rusak Garansi

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 18 Desember 2016 | 09:15 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania – Aksesori kaca film merupakan perangkat standar kenyamanan pada mobil di Indonesia. Fungsinya yang menolak panas membuat kaca film memiliki peran penting.

Bagi pemilik mobil yang gemar besih-bersih, kaca film jadi salah satu sasaran untuk kebersihan. Pasalnya kaca film rentan terkena kotoran karena terutama minyak dari tangan penumpang atau anak-anak.

Namun banyak pemilik yang tidak awas saat membersihkan kaca film. Mereka gemar menggunakan bahan pembersih yang justru tidak baik untuk aksesori ini.

“Biasanya karena ingin lebih bersih, banyak yang menggunakan cairan pembersih kaca. Ini tidak disarankan. Cara pengelapan juga perlu diperhatikan. Jika kain tidak berbahan lembut, ini akan menyebabkan kaca film tergores. Kalau seperti ini garansi bisa hilang,” ucap Nurlaela Sari, Marketing PT V-Kool Indo Lestari kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Cara membersihkan kaca film yang disarankan adalah dengan air bersih lalu seka dengan lap bersih dan lembut. Apabila kurang puas, pemilik dapat menggunakan sampo bayi. Ini bahan yang relatif aman untuk permukaan kaca film.

“Sabun bayi bisa menghilangkan minyak dalam sekejap. Dalam proses pengelapan harap diperhatikan kainnya. Jangan gunakan kain bekas untuk lap bagian luar kendaraan,” ucap Nur.

Produsen kaca film biasanya memberikan jaminan purna jual untuk produknya. Usahakan perawatan tidak menyebabkan kerusakan pada permukaan kaca film.