Pasar Mobil Bekas Mulai Menggeliat

Stanly Ravel - Kamis, 1 Desember 2016 | 09:35 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania - Setelah dihantam kehadiran duet Calya-Sigra, penjualan mobil bekas (mobkas) di bulan terakhir 2016 mulai menemukan ritmenya. Beberapa model yang dulu sempat tenggelam, saat ini kembali didekati konsumen.

Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua, menjelaskan sejak minggu pertama di bulan November 2016, konsumen mulai kembali melirik pasar mobkas.

"Beda dengan dua bulan lalu yang benar-benar flat, saat ini konsumen sudah mulai ramai lagi di sini (WTC). Jenis low MPV dan city car mulai ada pergerakan lagi, bukan berarti kemarin-kemarin tidak ada, tapi kali ini lebih cepat putarannya," kata Herjanto kepada Otomania, Rabu (30/11/2016).

Menurut dia, situasi mobkas saat ini memang sedang turun, namun pengertian turun bukan pada sisi penjualan melainkan harga. "Karena harga sedang turun, konsumen mulai kembali menyerap pasar. Putaran penjualan saat ini lebih cepat, artinya barang lebih mudah laku tidak seperti beberapa bulan lalu" papar Herjanto.


Teddy pelaku bisnis mobkas di MGK merasakan gejala yang sama. Menurut Teddy, saat ini penjualan mobil masih stabil di segmen SUV, baik yang kelas bawah dan menengah.

"Masih standar, SUV yang pernah saya bilang tetap lebih banyak dicari. Untuk low MPV masih biasa saja, bisa jadi nanti setelah minggu pertama Desember baru kelihatan pasarnya," ucap Teddy di waktu yang sama.