Begini Cara Bongkar Pasang Ban Mobil yang Benar

Aditya Maulana - Kamis, 24 November 2016 | 15:58 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania - Masih banyak pengguna mobil yang belum tahu cara membongkar dan memasang ban yang benar dan aman. Padahal, secara teknis dan tahapannya cukup mudah.

Menurut Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), langkah pertama mengendurkan keempat baut pada ban yang ingin diganti, setelah itu baru memasang dongkrak.

"Bautnya jangan dulu dilepas, hanya sekedar mengendurkan saja. Setelah dongkrak dipasang, lalu baut dan bannya di lepas, dan ambil ban cadangan," ujar Anjar di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (24/11/2016).

Langkah selanjutnya, lanjut Anjar, kembali memasangkan ban cadangan dan baut. Namun, jangan dulu dikencangkan sampai dongkrak diturunkan dan posisi ban sudah menempel dengan tanah atau aspal.

"Setelah itu baru baut dipasangkan. Nah, ketika mengencangkannya tidak perlu menginjak kunci roda, cukup dengan bantuan tangan dan sedikit dorongan badan," kata dia.

Anjar melanjutkan, takutnya akan membahayakan dan membuat cedera karena terpeleset. Lagi pula, kata dia tidak perlu terlalu kencang yang berlebihan.

"Kalau dari segi keamanan itu tadi takutnya terpeleset, kalau dari teknis nanti justru bautnya akan slek dan ketika mau dibuka lagi susah karena terlalu kencang," ujar Anjar.