Usir Kerikil Kecil yang Terselip di Tapak Ban

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 23 November 2016 | 10:05 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania – Ban menjadi bagian penting pada kendaraan karena perannya yang bersentuhan langsung dengan jalan. Guna memaksimalkan tugasnya tersebut, pemilik mobil wajib memperhatikan kondisi ban.

Salah satu kondisi yang kerap terjadi pada ban adalah hadirnya kerikil-kerikil kecil yang tersangkut di sela-sela alur ban. Apa yang harus dilakukan pemilik terhadap kondisi ban seperti ini?

Menurut Akhir Anarkhimurni, Senior tester R&D PT Gajah Tunggal, kehadiran kerikil-kerikil ini memang menyebabkan kekhawatiran bahwa kerikil dapat menembus telapak ban dan menyebabkan kebocoran.

“Namun sebenarnya lapisan ban cukup tebal untuk menahan kerikil. Berbeda dengan paku atau baut tajam yang dapat menyebabkan kebocoran,” ucap Akhir.

Akhir mengungkapkan, sebagai tindakan perawatan, tidak masalah untuk membersihkan kerikil-kerikil tersebut saat membersihkan kendaraan. Bersihkan seminggu sekali. Tindakan ini termasuk pemeriksaan kondisi ban kendaraan.

“Saat mencuci kendaraan, singkirkan saja kerikil-kerikil yang terdapat pada ban dengan menggunakan obeng atau alat lain untuk mencungkil. Ini sekaligus melakukan pengecekan pada kondisi permukaan ban. Ini juga bagian perawatan ban,” ucap Akhir.