Waspada Pasang Sirene dan Rotator Pada Mobil

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 13 November 2016 | 08:01 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania – Pemilik mobil kerap kali menambahkan aksesori tambahan. Tujuannya kerap untuk tampil beda atau menambahkan fungsi yang sebelumnya tidak ada pada mobil. Salah satunya lampu juga klakson atau sirene.

Pemasangan aksesori ini kadang tidak di barengi dengan pengetahuan mengenai kelistrikan. Kerap kali pemasangan aksesori kemudian membuat mobil mengalami masalah.

“Pemasangan aksesori seperti lampu tambahan, atau sirena, yang harus diperhatikan adalah jalur kelistrikan. Siapkan jalur terpisah dan baiknya tidak men-jumper sirkuit kelistrikan standar pada mobil,” ucap Anondo Eko, praktisi keselamatan berkendara pada Otomania pekan lalu.

Tambahan aksesori harus dilengkapi dengan sikring yang disesuaikan dengan kapasitas beban kelistrikan. Perhatian juga diberikan pada aki kendaraan, dimana kapasitas aki perlu ditambah.

Selain itu, jika kendaraan dalam keadaan berhenti namun aksesori bekerja bersamaan sebaiknya tetap nyalakan mesin agar terjadi pengisian pada aki kendaraan.

“Pemasangan aksesori ini juga bisa berdampak pada keselamatan berkendara. Jika aksesori lebih banyak menimbulkan masalah saat berkendara sebaiknya pikir ulang pemasangannya. Termasuk soal lampu rotator dan sirene yang sudah di atur undang-undang,” ucap Eko.