Suzuki S-Cross Matik Jadi Rebutan

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 11 November 2016 | 11:05 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania – Suzuki SX-4 S-Cross menjadi produk terbaru Suzuki di Indonesia setelah diperkenalkan pada ajang pameran otomotif Agustus 2016 lalu. Model dengan tipe transmisi otomatis lebih laris ketimbang transmisi manual.

“Sampai saat ini varian yang paling banyak dipilih adalah transmisi otomatis. Ini sesuai dengan karakteristik konsumen S-Cross yang datang dari kota-kota besar di Indonesia utamanya pulau Jawa,” ucap Harold Donnel, Kepala Pengembangan Produk dan Aksesori Roda Empat, PT SIS kepada Otomania di sela seremoni penghargaan Customer Satifacton Survey (CSS) 2016, Kamis (10/11/2016).

Selain itu menurut Harold, varian dengan transmisi otomatis memenuhi kebutuhan karakter konsumen S-Cross, yang berasal dari kelompok ekonomi menengah ke atas. Kelompok ini menginginkan kemudahan dalam berkendara, yang ditawarkan dengan transmisi otomatis enam percepatan S-Cross.

“Tipe konsumennya agak malas kalau pegang transmisi manual. Lebih mudah pilih yang otomatis,” ucap Harold.

Alasan lainnya adalah saat ini di sisi industri kendaraan SUV medium dan SUV low sebanyak 60 persen hingga 65 persen diisi oleh produk-produk bertransmisi otomatis. 

“Jadi kita ikuti saja arus permintaan barangnya dan kita penuhi sesuai permintaan. Dari kondisi industrinya memang sedang seperti itu,” ucap Harold.

S-Cross sejak diperkenalkan hingga bulan Oktober berdasarkan data Gaikindo tercatat menjual sebanyak 157 unit varian transmisi manual dan 525 unit varian transmisi otomatis.