Ini Faktor Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Aditya Maulana - Rabu, 9 November 2016 | 07:19 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania - Kejadian mobil terbakar di jalan bebas hambatan masih sering terjadi. Terakhir, Range Rover di jalan tol Jagorawi KM 25 arah Bogor dan dikonfirmasi akun instagram TMC Polda Metro, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Melihat musibah seperti itu, pengguna mobil wajib tahu apa saja penyebab mobil bisa tiba-tiba terbakar ketika melaju. Tujuannya, untuk tidak melakukan kesalahan yang ujungnya menimbulkan potensi mobil terbakar.

Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), faktor utamanya karena melakukan modifikasi, khususnya terkait kelistrikan yang tidak sesuai dengan standar instalasi listrik yang benar.

"Potensi paling besar karena modifikasi kelistrikan itu. Karena jika bermasalah akan ada percikan api," kata Anjar kepada Otomania, Selasa (8/11/2016).

Selain itu, faktor usia pakai mobil juga bisa mempengaruhi. Biasanya, karet pembungkus kabel sudah rusak atau rapuh. Otomatis, kabelnya tidak dibungkus, dan itu berpotensi menimbulkan percikan api.

"Tetapi kalau masalah itu kemungkinannya kecil. Paling utama mengenai modifikasi kelistrikan yang tidak sesuai aturan," ujar Anjar.

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi menambahkan, faktor penambahan kabel yang tidak sesuai dengan kebutuhan juga bisa menjadi penyebab. Sebab, menimbulkan panas, dan percikan api.

"Ada juga kemungkinan bocor saluran bahan bakar atau bocor kabel busi sehingga timbul percikan bunga api di tempat yang tidak seharusnya. Tiga faktor penyebab utamanya, yaitu bahan bakar yang mudah terbakar, udara, dan pemicu api," ujar Dadi kepada Otomania, Selasa (8/11/2016).

Guna menghindari hal tersebut, Dadi menyarankan agar pemilik mobil rutin melakukan pemeriksaan secara berkala.