Yamaha Tak Khawatirkan Kehadiran BeAT Street

Aditya Maulana - Jumat, 21 Oktober 2016 | 07:25 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania - Di segmen skutik entry level, PT Astra Honda Motor (AHM) menambah varian BeAT. Bentuknya dibuat serupa dengan Yamaha X-Ride, yaitu menggunakan naked handlebar dan speedometer digital.

AHM memang menyangkal kalau BeAT mirip dengan X-Ride. Tetapi, secara tampilan kurang lebih hampir serupa. Lantas, bagaimana tanggapan dari Yamaha?

Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturer (YIMM) Mohammad Masykur mengatakan, tidak masalah. Sebab, sudah punya pasarnya masing-masing.

"Kita terbuka saja, tidak ada masalah dengan hadirnya itu (BeAT Street)," ucap Masykur saat dihubungi Otomania, Kamis (20/10/2016) sore.

Secara target, AHM mematok 12.000 sampai 13.000 unit per bulan untuk BeAT Street. Lalu, bisa menggangu penjualan X-Ride yang sekarang hanya berjualan rata-rata 5.000 unit per bulan?

"Tidak akan, karena apa yang saya bilang sudah ada pasarnya masing-masing. Jadi kita tetap optimis dengan X-Ride kita. Mereka punya kapasitas pabrik yang besar, kami tetap di angka itu," ujar Masykur.

Mengutip data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan X-Ride sepanjang 2016 mencapai 51.169 unit.