Musim Hujan Baiknya Pakai Helm Anti-embun

Aditya Maulana - Senin, 17 Oktober 2016 | 12:49 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania — Belakangan ini wilayah Jakarta dan sekitarnya mulai sore dan malam selalu diguyur hujan. Para pengguna sepeda motor diharapkan tetap berhati-hati ketika berkendara dalam kondisi ini.

Sebab, saat hujan turun, potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas menjadi lebih besar. Faktor kecelakaan ada banyak, terutama berkurangnya konsentrasi ketika berkendara.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), banyak hal yang bisa meminimalkan terjadinya kecelakaan. Salah satunya menggunakan helm anti-embun sehingga pandangan tidak terhalangi.

"Helm jenis ini memiliki kaca khusus yang bebas dari risiko terjadinya embun akibat napas di dalam helm," kata Edo kepada Otomania, Selasa (17/10/2016).

Biasanya, lanjut Edo, ada pelapis khusus yang dipasang di kaca helm untuk menangkal embun. Biasanya, bagian itu dijual di tempat aksesori motor atau toko helm.

"Sifatnya tambahan semata. Yang terpenting, memakai helm yang memiliki kaca di bagian wajah sehingga muka dan mata tidak pedih ketika terkena guyuran air hujan," ujar Edo.

Dia juga mengatakan, ada jenis helm tertentu yang kacanya dibuat tidak menimbulkan butiran air ketika digunakaan saat hujan.

"Jadi, pandangan tetap jernih. Biasanya berharga mahal, tetapi fungsinya maksimal," kata dia.