Datsun Go+ Panca Jadi Favorit Konsumen

Aditya Maulana - Sabtu, 24 September 2016 | 08:22 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania - Datsun menjual dua model mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) di pasar otomotif nasional. Pertama Go Panca dengan konfigurasi lima penumpang, dan Go+ Panca berkapasitas tujuh orang (5+2).

Namun, karena karakter masyarakat Indonesia lebih suka dengan mobil berkapasitas banyak, maka dari kedua model itu, Go+ Panca paling laris. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Go+ Panca secara wholesales bulan lalu 1.364 unit.

Salah seorang tenaga penjual diler Nissan di kawasan Jakarta Selatan pun mengakui kalau Go+ Panca paling laris. Menurutnya, dari 10 orang yang beli Datsun, delapan orang pilih Go+ Panca.

"Karena kapasitas penumpangnya itu lebih besar dari yang satunya lagi. Jadi mereka beli yang Go+ Panca," kata wiraniaga yang enggan disebutkan identitasnya itu saat dihubungi Otomania, Jumat (23/9/2016).

Wiraniaga Datsun di Jakarta Timur, juga mengatak hal tersebut. Dia mengaku, penjualannya bulan lalu didominasi Go+ Panca.

"Awalnya sebelum ada Go+ Panca, memang yang Go Panca tetapi sekarang yang Go+ Panca. Konsumennya juga berbeda, kalau Go Panca lebih kepada keluarga muda, sedangkan Go+ Panca keluarga yang sudah punya anak lebih dari satu," kata dia.