Harga Lampu LED Bisa Tembus Jutaan Rupiah, kenapa?

Aditya Maulana - Selasa, 20 September 2016 | 14:35 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania - Sepeda motor keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode). Fungsinya, dibanding bohlam dari segi pencahayaan lebih terang dan pengeluaran listrik pun irit, serta tampilannya futuristik.

Namun, secara harga jelas lebih mahal LED ketimbang bohlam. Mengapa demikian?

Menurut Muhammad Abidin, GM After Sales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), part yang digunakan lebih banyak ketimbang bohlam. Bahkan, bentuknya juga berbeda dengan model lain.

"Faktor utamanya karena memang ada penambahan part dan desain lampu/reflektor juga berbeda dengan bohlam pada umumnya," ujar Abidin kepada Otomania melalui pesan singkat, Senin (19/9/2016).

Harga LED pada motor Yamaha, seperti NMAX dijual Rp 792.000, All New Soul GT Rp 512.000, Aerox Rp 666.000, dan Xabre Rp 1.036.000.

Motor Yamaha yang sudah menggunakan lampu LED, kata Abidin, seperti model matik pada NMAX dan Soul GT pada Head Light Lamp, Tail Light Lamp. MX-King ditempatkan di Tail Light Lamp dan Position Light/Lampu Senja.

Sedangkan model sport, seperti R25, MT-25 yang ditempatkan di Tail Light Lamp dan Position Light/Lampu Senja. R15 hanya di Tail Light Lamp, dan Xabre sudah terpasang di semuanya.