Knalpot Mobil Keluar Air, Gejala Apa Itu?

Stanly Ravel - Rabu, 14 September 2016 | 18:05 WIB

(Stanly Ravel - )


Jakarta, Otomania — Sebagian orang merasa khawatir ketika menemukan air yang menetes dari lubang knalpot mobil. Umumnya gejala ini terjadi saat sedang memanaskan mesin pada pagi hari.

Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, menerangkan bahwa kondisi tersebut diakibatkan adanya proses pengembunan (kondensasi) pada lubang buang knalpot.

"Itu bagian dari proses kondensasi. Saat malam hari terjadi pada lubang buang, ketika pagi-pagi dipanaskan akan dikeluarkan pada lubang knalpot," ucap Anjar kepada Otomania, Rabu (14/9/2016).

Menurut dia, embun di dalam lubang knalpot terperangkap tanpa adanya panas yang bisa membuatnya menguap. Nah, ketika mesin dinyalakan, ada hawa panas di mesin yang mengantarkan hingga pipa knalpot yang membuat embun tersebut langsung mencair dan keluar melalui pipa gas buang.

Oleh karena itu, tidak perlu merasa cemas atau khawatir hingga menduga adanya kebocoran pada mesin. Adanya proses terebut juga menandakan bahwa pembakaran berlangsung sempurna.