Solusi Kurangi Posisi "Nungging" di Yamaha R15

Stanly Ravel - Rabu, 14 September 2016 | 10:45 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania — Meski lahir sebagai sepeda motor bergenre sport, Yamaha YZF-R15 memiliki posisi riding yang ternyata dianggap kurang proposional. Banyak yang beranggapan motornya terlalu tinggi dan ketika dikendarai posisi badan terlalu bungkuk, yang membuat pengendara mudah merasa lelah.

Nah, bagi yang mengalami masalah tersebut, Leo dari XtremeMotor Shop punya cara untuk mengatasinya, yakni dengan memasang lowering kit khusus R15.

"R15 punya ground clearance yang cukup tinggi, bahkan lebih dari R25. Untuk mengatasi itu, biasanya kami pasang lowering kit untuk merendahkan ground clearance dan bikin berkendara tidak terlalu nungging lagi," ucap Leo kepada Otomania, Rabu (14/9/2016).

Menurut dia, lowering kit untuk R15 sebenarnya sudah banyak ditemui di pasaran, bahkan Yamaha sendiri sudah mengeluarkan dengan merek Daytona. Bentuk lowering kit seperti connecting arm yang dipasang pada sistem suspensi monocross.

"Lowering kit memiliki ukuran yang lebih panjang dibanding standar R15. Hal ini membuat posisi sokbreker belakang lebih rendah dan memangkas ground clearance R15 kurang lebih hingga 5 cm," kata Leo.

Bukan hanya itu, dengan memasang lowering kit yang dibanderol Rp 350.000, itu mampu membuat tinggi jok R15 lebih turun yang bikin posisi berkendara tidak lagi terlalu nungging. Bahkan, Leo mengklaim lowering kit mampu meningkatkan down force yang membuat laju kendaraan lebih stabil.