Hal Sepele yang Bisa Dongkrak Harga Jual Motor

Stanly Ravel - Selasa, 13 September 2016 | 09:05 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania — Selain mendapat perawatan, ada hal lain yang harus diperhatikan bila sepeda motor ingin tetap memiliki harga jual yang baik. Meski terlihat sepele, hal ini ternyata menjadi salah satu sorotan penting bagi pembeli motor bekas.

Rachmat, pedagang motor bekas di kawasan Condet, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa selain mesin sehat, sebaiknya kondisi motor juga masih orisinal, baik dari kelengkapan maupun stikernya.

"Selain bodi mulus, biasanya pedagang lebih suka bodi asli. Artinya, masih ada stiker pabrikan. Kalau bisa lampu-lampu juga belum berubah karena bila ada yang ganti pakai LED, justru harganya bisa turun karena dianggap modifikasi," ucap Rachmat, saat berbincang singkat kepada Otomania, Sabtu (10/9/2016).

Menurut dia, kelengkapan motor juga harus ada, mulai dari spion sampai kunci-kunci bawaan pabrik. Meski terlihat sepele, hal ini menjadi poin lebih untuk mendongkrak harga jual.

Surat-surat kendaraan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai pajak kendaraan telat atau mati karena bisa mengurangi harga jual motor secara signifikan.

"Kalau pajak mati malah harga motor bisa lebih jatuh lagi karena biasanya dipotong untuk pajak serta ongkos mengurusnya," kata Rachmat.